INVESTASI EMAS LOGAM MULIA

INVESTASI EMAS LOGAM MULIA

Secara umum, logam mulia adalah suatu jenis logam yang berharga tinggi. Hal ini disebabkan logam tersebut ketersediaanya langka dan juga mempunyai warna yang bagus. Karakteristik dari logam mulia adalah tahan terhadap oksidasi dan peRkaratan serta sangat sulit sekali bereaksi dengan asam.
Dalam hal berinvestasi, logam mulia merupakan instrumen investasi yang paling aman. Nilai dari logam mulia tidak akan turun jika kondisi ekonomi sedang lesu. Investasi dalam logam mulia cenderung menguntungkan karena tiap tahun harganya akan selalu naik. Secara umum, tiap orang melakukan investasi dengan cara membeli emas perhiasan. Selain itu,  ada juga yang melakukan investasi dengan membeli emas batangan (Logam Mulia). Perusahaan ternama di Indonesia yang menjual emas batangan adalah PT. Antam (Persero) Tbk yang beralamat di Jalan Raya Bekasi KM.18, RT.1/RW.7, Jatinegara Kaum, Pulogadung, RT.1/RW.7, Jatinegara Kaum, Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur

Jika dibandingkan dengan saham, bitcoin, dan instrumen investasi lainnya. Investasi logam mulia memiliki keuntungan yang tidak terlalu besar atau bahkan tidak menguntungkan sama sekali. Sesuai dengan tingkat keamannya, investasi dalam bentuk logam mulia ini seringkali dilakukan oleh investor – investor yang cenderung menghindari risiko tinggi (risk-averse). Adapun investor – investor yang berani mengambil risiko (risk taker) cenderung menempatkan investai mereka di instrumen investasi yang memiliki resiko tinggi seperti saham. Dilihat dari sudut keuntungannya, investasi logam mulia cenderung lebih stabil dibandingkan investasi di instrumen lain. Contohnya pada saham, terkadang investasi di saham cenderung lebih menguntungkan jika harga saham sedang naik. Namun, akan sangat merugikan jika harga saham sedang anjlok.

Sebelum berinvestasi logam mulia, ada baiknya kita memperhatikan harga dalam logam mulia itu sendiri. Sekarang, harga logam mulia juga cenderung dipengaruhi oleh harga emas dunia sehingga harganya akan berubah – ubah setiap harinya mengikuti pergerakan harga emas dunia.
Terdapat banyak cara untuk melihat pergerakan harga emas, salah satunya bias dilihat di internet. Sekarang, banyak sekali portal yang menyediakan informasi mengenai harga emas. Contohnya adalah harga logam mulia PT. Antam.

Sebagai informasi, harga tersebut dapat berubah – ubah setiap waktunya. Jadi, silahkan pertimbangkan untuk membeli logam mulia ketika harganya murah.

YANG MEMPENGARUHI HARGA EMAS

Bicara mengenai harga emas dunia, terdapat beberapa hal yang dapat mempengaruhi harga emas dunia.


1. Nilai tukar US Dollar


Hubungan antara US Dollar dan emas memiliki korelasi yang negatif. Hal ini disebabkan US dolar dan emas merupakan alat investasi yang cenderung berlawanan. Misalnya jika terjadi resesi ekonomi, maka orang - orang akan investasi ke emas sehingga nilai tukar US dolar melemah karena emas akan lebih aman sebagai instrumen investasi dibandingkan US dolar di saat resesi ekonomi.

2. Produksi Emas Dunia


Terdapat beberapa negara yang mempengaruhi persediaan emas dunia diantaranya China, Afrika Selatan, Amerika Serikat, dan Peru. Jika negara - negara tersebut mengurangi produksinya, maka produksi emas dunia pun akan berkurang dan harga emas dapat naik.


3. Inflasi


Inflasi dapat diartikan meningkatnya harga – harga barang secara umum secara terus – menerus. Jika inflasi terjadi, investor akan menghindari investasi dalam bentuk uang karena nilai uang akan menurun sehingga mereka akan mencari instrumen investasi yang aman seperti emas logam mulia.


4. Suku Bunga


Ketika suku bunga meningkat, permintaan terhadap emas akan menurun karena investasi di surat berharga seperti obligasi akan lebih menjanjikan dibandingkan investasi pada emas.


5. Permintaan emas dunia

Emas dapat digunakan sebagai perhiasan dan juga sebagai industri peralatan medis. Emas tidak hanya digunakan sebagai investasi dalam bentuk logam mulia. Dengan banyaknya industri yang membutuhkan emas, ketersediaan emas pun sangat dibutuhkan sehingga emas akan semakin langka. Hal ini dapat mempengaruhi harga emas itu sendiri. Saat ini, ada beberapa negara yang membeli banyak emas di antaranya China dan India.


6. Isu Politik dan Ekonomi



Isu politik seperti perang dunia membuat kondisi ekonomi mengalami ketidakpastian sehingga banyak investor mencari tempat investasi yang aman. Salah satu instrument investasi yang aman adalah emas itu sendiri.
Krisis ekonomi Asia pada tahun 1998 dan krisis ekonomi dunia tahun 2008 membuat kondisi ekonomi mengalami ketidakpastian. Nilai tukar anjlok dan harga saham pun anjlok ke level terendah. Dalam kondisi seperti ini, emas menjadi salah satu instrumen investasi yang sangat tepat dan aman. Sehingga permintaan emas pun meningkat dan tentu dapat mempengaruhi harga emas.
Bagaimana cara membeli emas? Untuk dapat membeli emas, maka ada beberapa cara untuk membeli emas.


CARA MEMBELI EMAS LOGAM MULIA


Bagaimana cara membeli emas? Untuk dapat membeli emas, maka ada beberapa cara untuk membeli emas.


1. Internet (tokopedia, bukalapak, bli bli.com, dll)



Anda dapat membeli logam mulia melalui tokopedia, tokopedia, bukalapak, bli bli.com, dll.


2. Langsung berkunjung ke Unit bisnis PT. Antam di Pulogadung


Anda dapat datang langsung ke unit bisnis Antam Pulogadung. Silahkan ambil antrian untuk membeli logam mulia di kantor Antam tersebut.


3. Beli Emas di Bank (salah satunya Bank Syariah Mandiri)

Anda bisa membeli emas dengan cara mencicil emas di Bank Syariah Mandiri. Silahkan Anda datang ke cabang Bank Syariah Mandiri terdekat untuk dapat membeli emas dengan cara mencicilnya.


4. Membeli emas lewat Kantor Pegadaian


Anda dapat membeli emas lewat pegadaian. Di pegadaian, Anda dapat berinvestasi emas dengan berbagai cara yaitu dengan menabung emas, membeli emas secara tunai, dan membeli emas dengan angsuran.

5. Membeli emas lewat kantor Pos Indonesia.

Sekarang beli mas juga bisa lewat Kantor Pos. PT. Antam dan Pos Indonesia bekerjasama dalam penjualan emas sehingga Anda dapat membeli emas via kantor pos.

6. Membeli emas lewat toko emas

Salah satu cara yang paling mudah membeli emas adalah dengan cara membeli emas di took emas. Sekarang, banyak sekali toko – toko emas di pasar. selain menjual emas batangan, toko emas juga menjual emas perhiasan yang seringkali dibeli oleh para ibu – ibu.


MANFAAT INVESTASI EMAS

Terdapat banyak manfaat dalam berinvestasi emas. Namun, saya rangkum saja dalam pembahasan sekarang diantaranya:

1. Investasi emas menguntungkan dan tahan terhadap inflasi

Semua orang tahu betul bahwa harga emas akan semakin meningkat. Setiap tahun, harga emas akan semakin meningkat sepersekian persen. Berbeda dengan uang, nilai uang akan selalu menurun (inflasi). Harga emas hari ini akan berbeda dengan harga emas 1 tahun atau bahkan 5 tahun mendatang. Jika dibandingkan dengan uang yang harganya akan selalu menurun, nilai uang 5 tahun mendatang akan menurun dengan nilai inflasi-nya.




2. Menahan Konsumsi


Dalam ilmu ekonomi, kita asumsikan kepuasan konsumsi di representasikan dengan kurva budget line dan kurva indifference.  Lalu, apa hubungannya dengan kurva kepuasan konsumsi tersebut??? Mari kita lihat penjelasannya.

Gabungan antara kurva budget line dan kurva indifference mengkombinasikan kapuasan konsumsi pada tingkat budget (anggaran) tertentu. Sehingga kombinasi tersebut akan mempertemukan dimana budget line dan kurva indifference berpotongan yang menghasilkan suatu tingkat kepuasan maksimum (maximum utility).



Gambar di atas adalah gambar yang mengkombinasikan antara kurva indifference dan kurva budget line. Kurva tersebut diasumsikan atas konsumsi dua nama buah yaitu buah jambu dan buah apel. Misalnya Anda memiliki uang sebear Rp 20.000 (anggaran di budget line B1), maka hasrat konsumsi Anda akan puas dengan dengan membeli 3 apel dan 3 jambu. Lalu, katakana lah Anda memiliki uang Rp 30.000 (anggaran di budget line B2), maka hasrat konsumsi Anda akan puas dengan dengan membeli 4 apel dan 4 jambu. Dan katakana lah Anda memiliki uang Rp 40.000 (anggaran di budget line B3), maka hasrat konsumsi Anda akan puas dengan dengan membeli 5 apel dan 5 jambu. Jika uang Anda yang Rp 40.000 itu sebagian di investasikan, misalnya Anda investasi untuk membeli emas sebesar Rp 20.000, maka tingkat konsumsi Anda akan tetap di level kurva B1 dengan anggaran Rp 20.000 sehingga perilaku konsumtif (boros) akan tertahan yang tentunya ini akan menguntungkan di masa yang akan datang.

3. Tidak perlu cemas akan nilainya.

Tidak seperti investasi saham yang harganya dapat anjlok terlalu dalam, harga emas walaupun dapat berubah - ubah, tetapi cenderung stabil. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

KARYAWAN BIASA JUGA BISA KAYA RAYA